MASYARAKAT PERLU PEMAHAMAN DETEKSI DINI BENCANA LONGSOR

Rabu, 29 Mei 2013 12:44:52 - oleh : admin
MASYARAKAT PERLU PEMAHAMAN DETEKSI DINI BENCANA LONGSOR

Kabupaten Pasuruan yang sebagian wilayahnya berbukit-bukit memiliki potensi besar terjadinya tanah longsor. Hal ini mendorong Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui BPBD Kabupaten Pasuruan untuk lebih sering melakukan sosialisasi penanggulangan dan penanganan bencana, khususnya tanah longsor. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memasang ekstenso meter yang merupakan alat deteksi gerakan tanah longsor pada tanggal 23 Mei 2013, di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari.

 

Tujuan pengembangan sistem peringatan dini bahaya longsor adalah membangun kesiapan warga masyarakat untuk siap dalam mengantisipasi dan menyelamatkan diri dari bahaya longsor dan menyediakan seperangkat instrument dan kelengkapannya, untuk memberikan peringatan dini bahaya longsor.

 

Alat itu juga dilengkapi sensor curah hujan dan pergerakan tanah yang akan mengeluarkan suara nyaring seperti sirine ketika tanah bergerak dalam jarak tertentu, alat ini juga terhubung dengan sistem yang ada di pusdalops BPBD Kab. Pasuruan sehingga potensi dampak curah hujan dan pergerakan tanah bisa terdeteksi. Diharapkan dengan adanya alat ini dapat meminimalisasi dampak terjadinya longsor maupun potensi banjir di daerah hilir. Masyarakat diharapkan tanggap dan menjaga keberadaan alat tersebut.

Informasi "Berita SKPD" Lainnya