Awal Musim Kemarau Tahun 2022

Menurut data Prakiraan Musim Kemarau Tahun 2022 Provinsi Jawa Timur oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Klimatologi Malang Bulan Maret 2022, Awal Musim Kemarau (AMK) 2022 di Kabupaten Pasuruan tejadi Bulan April Dasarian II hingga Bulan Mei Dasarian II di 4 (empat) Zona Musim (ZOM).

Zona Musim 164: Bulan April Dasarian II

Zona Musim 162: Bulan April Dasarian III

Zona Musim 165: Bulan Mei Dasarian I

Zona Musin 172: Bulan Mei Dasarian II

Pembagian daerah awal musim kemarau Tahun 2022 per Kecamatan di Kabupaten Pasuruan:

Bulan April Dasarian II-III: Bangil, Beji, Gempol, Gondang Wetan, Grati, Kejayan, Kraton, Lekok, Lumbang, Nguling, Pandaan, Pasrepan, Pohjentrek, Prigen, Purwodadi, Purwosari, Rejoso, Rembang, Sukorejo, Tutur, Winongan, dan Wonorejo.

Bulan Mei Dasarian I-II: Kejayan, Lumbang, Pandaan, Pasrepan, Prigen, Purwodadi, Purwosari, Puspo, Sukorejo, Tosari, dan Tutur.

 

Istilah Dan Pengertian Dalam Prakiraan Musim

Curah Hujan (mm)

Merupakan ketinggian air hujan yang terkumpul dalam tempat yang datar, tidak menguap, tidak meresap, dan tidak mengalir. Curah Hujan 1 (satu) millimeter artinya dalam luasan satu meter persegi pada tempat yang datar tertampung air setinggi satu millimeter atau tertampung air sebanyak satu liter.

Zona Musim (ZOM)

Adalah daerah yang pos hujan rata-ratanya memiliki perbedaan yang jelas antara periode Musim Hujan dan Musim Kemarau. Daerah yang pola hujannya tidak memiliki perbedaan yang jelas antara Musim Kemarau dan Musim Hujan disebut Non ZOM. Luas suatu wilayah ZOM tidak selalu sama dengan luas suatu wilayah administrasi pemerintahan. Dengan demikian, satu wilayah ZOM bisa terdiri dari beberapa kabupaten dan sebaliknya satu wilayah kabupaten bisa terdiri dari beberapa ZOM.

Awal Musim Kemarau

Ditetapkan berdasarkan jumlah curah hujan dalam satu dasarian (10 hari) kurang dari 50 milimeter dan diikuti oleh 2 (dua) dasarian berikutnya. Permulaan Musim Kemarau bisa terjadi lebih awal (maju), sama, atau lebih lambat (mundur) dari normalnya (rata - rata 1991 - 2020)

Awal Musim Hujan

Ditetapkan berdasar jumlah curah hujan dalam satu dasarian (10 hari) sama atau lebih dari 50 milimeter dan diikuti oleh 2 (dua) dasarian berikutnya. Permulaan Musim Hujan, bisa terjadi lebih awal (maju), sama, atau lebih lambat (mundur) dari normalnya (rata-rata 1991 - 2020).

Dasarian
Adalah rentang waktu selama 10 hari. Dalam satu bulan dibagi menjadi 3 (tiga) dasarian, yaitu:

Dasarian I: (tanggal 1 sampai dengan 10)

Dasarian II: (tanggal 11 sampai dengan 20)

Dasarian III: (tanggal 21 sampai dengan akhir bulan)

Sumber: BMKG Stasiun Klimatologi Malang, 2022

Berita Terkait

Stand Kabupaten Pasuruan Diserbu Masyarakat

Untuk mendukung kegiatan MarkPlus Conference 2018, Pemerintah Kabupaten Pasuruan  melalui Dinas Kominfo dan Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan mengikuti pameran sehariRead More

Tingkatkan Kesadaran pada Cyber Security

Untuk meningkatkan kesadaran tentang keamanan siber (cyber security), masyarakat diminta untuk mengganti  password email dan mengganti pin ATM secaraRead More

Waspadai Penyakit Pasca Bencana

Anggota DPRD Jatim dari Fraksi Gerindra Jatim, dr. Benyamin Kristanto meminta masyarakat bergerak aktif dalam membersihkan lingkungan agar terhindar dari berbagai penyakitRead More

No Comments

Tuliskan Komentar