Dinas Kominfo Harus Menjadi Leading Sector Penerapan Smart City

Untuk mewujudkan agenda Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) berupa Gerakan Menuju 100 Smart City, Kemenkominfo siap melakukan pendampingan terhadap kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Pendampingan tersebut akan dilaksanakan dalam bentuk pemberian bantuan teknis, yaitu membuat master plan atau perencanaan.

 

Seluruh OPD bidang komunikasi dan informatika di kota/kabupaten diharapkan menjadi leading sector dalam mengimplementasikan smart city. Sedangkan untuk menjadi smart city, kabupaten/kota tidak cukup hanya menyiapkan sarana seperti Wifi gratis lalu dibiarkan begitu saja, tetapi butuh tahapan perencanaan yang matang dan perkembangan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

 

Tahap awal kegiatan ini adalah assessment untuk melihat kesiapan daerah dalam menerapkan smart city yang berlangsung Mei 2017 di Pusat TIK Nasional, Ciputat, Tangerang Selatan.

 

"Mereka akan kami dampingi sampai mereka benar-benar menjadi smart city, kami juga siapkan ahli sebagai pendamping daerah membuat master plan," tutur Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kemenkominfo RI, Semuel Abrijani Pangerapan saat menghadiri Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Nasional yang digelar Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) 4-6 Desember 2017 di Jakarta.

 

Mengutip dari laman www.kominfo.jatimprov.go.id, kegiatan ini merupakan tindak lanjut penerapan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 14 tahun 2016 tentang Pedoman Nomenklatur Perangkat Daerah Bidang Komunikasi dan Informatika, dimana salah satu fungsi organisasi perangkat daerah (OPD) di bidang komunikasi dan informatika adalah menyelenggarakan sistem informasi smart city. (DW)

Berita Terkait

Maksimalkan Penanganan Bencana, Pemkab Pasuruan Usulkan BPBD Naik Tipe A

Tingginya angka bencana di Kabupaten Pasuruan secara langsung berdampak pada indeks resiko bencana memerlukan penanganan yang akurat dan di dukung kemampuanRead More

PERINGATAN DINI GERAKAN TANAH DI KABUPATEN PASURUAN PERIODE SEPTEMBER TAHUN 2022

Berikut kami lampirkan wilayah yang berpotensi menimbulkan gerakan tanah pada Bulan Sepetember 2022 di Kabupaten Pasuruan. Peta prakiraan gerakan tanah tersebut merupakan upaya mitigasi risiko gerakanRead More

VISI, MISI DAN TUJUAN BPBD KABUPATEN PASURUAN TAHUN 2019-2023

VISI, MISI DAN TUJUAN BPBD KABUPATEN PASURUAN TAHUN 2019-2023

Read More

No Comments

Tuliskan Komentar